Iklan

Penataan ulang

Sedang dalam penataan ulang. Silahkan nikmati dan bila ada yang kurang berkenan mohon maaf!

Cara Membuat Menampilkan Widget Label/Categories

Memahami desain blog hingga penggunaan kode html desain blog merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan blogger. Pada perkembangan selanjutnya sebuah blog akan cukup banyak memerlukan penambahan widget baru, kode html yang berupa xHTML, kode CSS dan javascript serta CSS3 guna peningkatan performa blog. Terlebih pada saat ini, setiap blogger dituntut untuk mampu mengembangkan diri membangun atau memodifikasi blog hingga halaman blog terlihat rapi dan cantik dengan harapan semakin membuat pengunjung betah berlama-lama membuka halaman demi halaman dan mengikuti setiap posting yang tersaji. Anda harus yakin bahwa penampilan yang lebih menarik dapat segera diciptakan dengan catatan bahwa anda bersungguh-sungguh dan telaten untuk mencoba mempelajari titik demi titik di mana sebuah blog terbangun.

Widget adalah satu dari sekian banyak bagian penyusun dan "kosmetik" bagi blog. Beberapa widget telah disediakan oleh blogger dan anda tinggal menampilkannya di halaman blog. Beberapa widget yang lain disediakan secara gratis ataupun berbayar oleh banyak situs yang tersebar memenuhi jagad maya. Salah satu widget yang telah disediakan blogger adalah widget Label atau Categories. Widget ini berfungsi untuk menampilkan link dari sekelompok posting anda. Sekalipun widget kategori merupakan widget dalam bentuk jadi dan merupakan bawaan blogger/blogspot, nantinya anda bisa melakukan banyak modifikasi hingga widget label yang sederhana ini mampu tampil dengan lebih mempesona. Perubahan pada kode HTML menjadi kuncinya.

Untuk menampilkan sebuah widget label atau categories, ada 1 (satu) syarat khusus yang harus dipenuhi. Karena sifatnya untuk menampilkan "link" bagi sekelompok "link posting", maka anda harus membagi terlebih dahulu posting anda menjadi beberapa kelompok.

Contoh:
Misalnya posting anda berkaitan dengan binatang.
Anda akan mengelompokkan posting dalam bentuk seperti :

  • Binatang Buas : Isi posting berupa segala macam binatang buas seperti : Harimau, Singa, Kucing Hutan, Beruang, Buaya dsb.
  • Binatang Melata : Posting akan mengupas tentang segala jenis binatang melata seperti ular, ulat, cicak dsb.
  • Hewan Memamah Biak : Ulasan posting akan berkisar semua binatang yang menggunakan cara memamah biak dalam proses pencernaan makan, seperti kerbau, sapi, kambing dsb.
  • Binatang Peliharaan : Dalam posting secara khusus membicarakan/menuliskan segala macam binatang peliharaan seperti kucing, anjing, kelinci, kerbau, kuda, ular dsb.
  • Hewan Menyususi : Posting akan terkelompokkan dalam beberapa judul posting yang bahasanya berputar soal binatang menyususi, seperti harimau, ikan paus, rusa, dsb.
  • Hewan Amphibi : Membicarakan katak, buaya dsb.

Keterangan


  • Pengelompokan berbagai jenis binatang seperti di atas akan memunculkan sebuah label/categories dari beberapa posting yang telah diterbitkan. Kategori Binatang Buas di dalamnya berisi posting tentang harimau, singa serta beberapa binatang buas lainnya. Demikian pula Binatang/Hewan Menyusui adalah 1 (satu) link label/categories yang di dalamnya terdiri dari beberapa link posting tentang hewan menyusui yang jumlahnya bisa mencapai ratusan posting.
  • Pengelompokan dalam bentuk label dimaksudkan untuk mempermudah pengunjung saat ingin mencari/membaca posting sesuai spesifikasi yang dia inginkan yang tersaji di sebuah blog/web.
  • Pengelompokkan seperti di atas berlaku untuk semua blog dan semua materi posting. Anda tinggal membuat jenis/nama kategori sesuai keinginan/posting yang menjadi fokus tulisan/artikel di blog anda.
  • Untuk menciptakan link/kelompok kategori/label, yang nantinya secara otomatis tertampilkan di blog, anda harus mengelompokkan setiap posting dalam kategori yang berbeda dan hal ini dilakukan di halaman posting. Anda bisa melihat gambar di bawah ini:



Gambar di atas akan anda lihat saat anda membuat posting (bagian bawah). Setelah judul dibuat, tuliskan kategori posting anda seperti terlihat pada gambar. Jika anda cermati maka terlihat dalam gambar bahwa label/categori setiap posting tidak harus dibatasi dalam 1 (satu) label. Di sana terlihat CSS3, Modifikasi Blog, Modifikasi Blogger Baru yang digunakan sebagai label atau kategori posting. Hal sama akan terjadi pada contoh tentang posting binatang yang tersampaikan di atas. Ketika artikel/posting mengupas tentang harimau maka anda harus menuliskan label dalam bentuk Binatang Buas, Bintang Menyusui.

Setelah posting terkelompokkan dalam beberapa label, maka langkah terakhir adalah menampilkan widget label/categories. Caranya sebagai berikut:

  • Login ke Blogger.
  • Dasboard.
  • KLIK Design/Rancangan.
  • KLIK Add a Gadget (Tambah Gadget). Pada box dengan garis terputus-putus. Bisa di sebelah kanan atau kiri (sidebar).
  • Tunggu hingga widget yang tersedia terlihat. Pilih dan klik Label.
  • Pilih bentuk Label : Daftar atau Cloud.
  • KLIK SAVE/Simpan.
  • Buka blog dan lihat hasilnya.
  • Jika anda ingin membuat/merubah kebentuk yang berbeda dari yang telah di buat, maka ulangi langkah di atas dan kembali pilih Daftar atau Cloud, baru kemudian klik SAVE/Simpan.

Tutorial Lain


Slahkan buka tutorial lain yang bisa melengkapi tutorial di blog ini!

1 6 komentar:

Surya Adhitama said...

sip mas,,,

mobil truk said...

makasih mas....jangan lupa mampir ke blogku di httP//barambaipunya.blogspot.com

Robby Jovingki Saputra said...

makasih banget cuy saya udah keliling nyari akhirnya ketemu berkat posting nya mas ini

Unknown said...

makasih infonya mas,, jng lupa mampir juga di blog aQ --> http://ilmukomputer91.blogspot.com/

Yahya Alkarimi said...

MAKASI ATAS INFONYA PAK..SUKSES SELALU...BARU BELAJAR NEH

Wong A Piek An said...

Maturnuwun, Mas, posting yang bermanfaat

Post a Comment

 

ujung bawah

gubhug reyot
Add to Technorati Favorites
Search Engine Optimization SEO