Iklan

Penataan ulang

Sedang dalam penataan ulang. Silahkan nikmati dan bila ada yang kurang berkenan mohon maaf!

Promosi Blog

Promosi?! Emangnya mau jualan jamu?! Knapa bikin blog juga perlu promosi? Ya.., iya...lah!!! Memang kita bukan penjual jamu atau yang lain, tetapi apa gunanya bila kita lelah bikin posting nyampai larut trus esok bangun di siang bolong? Untuk dinikmati sendiri blog yang kita buat? Gila.., apa? Ya.., mestinya orang lain biar ikut ngebaca, dong. Sebenarnya banyak faktor yang membuat orang terjun di dunia blogger. Dan aku yakin setiap orang punya alasan yang berbeda. Nggak usah disebutin, ya?! Satu hal yang jelas, dengan.. jadi blogger harus punya satu prinsip. Berbagi!!! Tentu saja berbagi informasi bukan berbagi pacar atau "teman tidur". Dengan posting yang kita terbitkan, harapan terbesar adalah mampu membuat yang membaca dan melihat berasa "bahagia" dan senang. Tentunya seperti bakul jamu tadi, biar banyak orang membaca dan melihat yang harus kita lakukan adalah cuma satu. Promosi!!!! Trus gimana caranya promosi ? Iklan di koran? Majalah? Radio? TV? Nggak....Ngggaak usah sampai sejauh itu. Perlu duit untuk hal itu. Seperti di awal kita buat blog juga gratis, untuk promosi blog juga banyak cara yang gratis. Beberapa cara bisa dilakukan, diantaranya :

  • Dengan memdaftar di blog directory seperti : Technorati (http://technorati.com), Blogdigger (http://blogdigger.com), Feedburner (http://feedburner.com). Masing -masing blog directory ini akan mengirimkan data blog kita ke berbagai search engine yang ada. Contohnya di Google, Yahoo atau yang lain.
  • Berkunjung ke blog yang lain dan jangan lupa memberi komentar yang "kritis tapi membangun" sambil menyertakan alamat blog kita.
  • Gunakan teman sesama blogger yang anda kenal dilingkungan anda untuk saling membantu promosi.
  • Gunakan teman-teman dekat yang sering menggunakan face book.
  • Tukar menukar link dengan sesama blogger.
  • Rajin menulis postingan.
  • Diusahakan membuat postingan yang berkualitas dan bisa dipertanggung jawabkan isinya di hadapan pembaca
  • Selalu memperhatikan dan menjawab komentar atau pertanyaan yang masuk.
  • Gunakan Thema template yangt sesuai untuk thema blog.
  • Selain di tiga directory tadi masih ada beberapa blog directory yang lain untuk promosi blog diantaranya : BlogPulse: http://www.blogpulse.com, IceRocket: http://www.icerocket.com, Daypop: http://www.daypop.com.

    Kira-kira seperti itulah langkah promosi blog yang bisa dilakukan. Satu pesan aku...., jangan lupa terus berkarya!! O.., ya..., jangan lupa perbanyak melek dan minum kopi!!!

    1 1 komentar:

    Unknown said...

    hehee...makasih mas harry atas tips nya. saya udah submit di situs yang mas rekomendasikan.

    Salam kenal dari saya..

    Post a Comment

     

    ujung bawah

    gubhug reyot
    Add to Technorati Favorites
    Search Engine Optimization SEO