Iklan

Penataan ulang

Sedang dalam penataan ulang. Silahkan nikmati dan bila ada yang kurang berkenan mohon maaf!

Hati-hati...! Anakpun bisa stress.

Potensi anak ibarat balon. Ada yang besar dan ada yang kecil. Tidak hanya poensi kearah yang baik, tetapi termasuk di dalamnya adalah potensi lain yang sebenarnya tidak bagus untuk anak. Semakin banyak udara di pompa ke dalamnya maka akan semakin besarlah balon tersebut. Tumbuh kembangnya potensi anak tergantung pada pembelajaran yang terus diterimanya. Pembelajaran yang tak lain bertujuan menghasilkan anak-anak yang mandiri. Bukan hanya mandiri dalam mencari nafkah, tetapi juga mandiri mengembangkan kemampuan fisik, mental, sosial dan sisi emosionalnya.

Perkembangan jaman membuat anak-anak, tidak hanya di kota besar, tetapi bahkan di wilayah pedesaan mengalami gejolak kebudayaan. Orang tua yang sibuk, cepatnya perkembangan pengetahuan berkat informasi yang mengalir bagaikan sumber air di pegunungan, tuntutan menguasai berbagai ketrampilan, kemampuan menyesuaikan diri dengan kehidupan masa kini, serta gencarnya serbuan informasi dan budaya asing membuat anak mudah kehilangan arah. Munculah tekanan yang mengakibatkan stress.

Peran keluarga dalam proses tumbuh kembangnya anak sangatlah penting. Membawa anak menjelajahi lingkungan dan membiasakan menjalin hubungan antar sesama, selain menimbulkan penghayatan yang mendalam juga akan membukakan pikiran, wawasan, serta perkembangan pribadi anak. Diperlukan kerjasama terpadu antara orang tua, pendidikan sekolah, luar sekolah dan lingkungan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran.

Selain hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan psikologi, makanan yang di berikan untuk anak juga perlu diperhatikan dengan baik. Berdasar kajian hasil riset, diperoleh data bahwa beberapa kandungan dalam makanan mempunyai peran terhadap terciptanya stress anak. Gejala stress pada anak akan meningkat apabila terlalu banyak mengkonsumsi gula dan kafein, yang sering terdapat dalam kue, kudapan, biskuit, cake, permen dan beberapa makanan yang lain.

Bagaimana pengaruh stress terhadap tumbuh kembangnya anak?

Stress yang hebat lambat laun akan mempengaruhitubuh anak. Tidak hanya berpengaruh secara fisik saja, stress juga sangat mempengaruhi terhadap sisi psikologi dan emosi si anak. Rasa was-was, cepat marah, frustasi, kesulitan bersosialisasi atau menyesuaikan diri, dan lambatnya reaksi merupakan beberapa akibat yang ditimbulkan oleh stres.

Dengan berbagai hal yang memungkinkan terjadinya stres pada anak, perlulah kiranya orang tua memberikan perhatian yang lebih, dalam arti memberikan perhatian yang mampu menghindarkan anak-anak untuk mengalami stres. Perhatian dalam bentuk kasih sayang, menjaga makanan, melatih anak bersosialisasi, tidak menakuti anak dan terutama memberi teladan kepada anak untuk selalu dekat dengan TUHAN.

1 0 komentar:

Post a Comment

 

ujung bawah

gubhug reyot
Add to Technorati Favorites
Search Engine Optimization SEO