Iklan

Penataan ulang

Sedang dalam penataan ulang. Silahkan nikmati dan bila ada yang kurang berkenan mohon maaf!

Resep Masakan Indonesia Seumur Bumi Berputar

Resep masakan asli Indonesiai sungguh sangat luar biasa ragamnya. Mengukur dari beragamnya suku dan jumlah pulaunya, kita bisa membayangkan betapa bangsa besar ini begitu dikaruniai sesuatu yang sangat spesial sebagai suatu bangsa. Dengan tumbuh kembangnya dunia dan dengan kecerdasan serta wawasan yang semakin meningkat, membuat khasanah masakan dan resep mengalami perkembangan yang menakjubkan. Kreativitas warga bangsa dalam mengembangkan menu masakan negeri tercinta membuat kekayaan menu masakan bangsa ini semakin tak terhitung lagi. Dari bahan baku terasi dengan dan bau yang susah hilang dari jari-jari yang lentik, daun ketela pohon yang harum dan ketela pohonnya yang seakan buah ajaib, buah talas yang multi fungsi, hingga menu dari daging asli dalam negeri, semua dapat dikembangkan menjadi masakan yang benar-benar menarik dan terasa super nikmat di lahap. Karena perkembangan ini akan terus berjalan, itulah sebabnya dalam judul saya sebutkan seperti itu.

Keberadaan menu masakan yang berkembang pesat melebihi kecepatan mobil fomula1 ini, menciptakan trend baru dikalangan media baik televisai sebagai media elektronik ataupun media cetak. Kesempatan mengail rejeki melalui dunia masak-memasak, menciptakan sebuah peluang baru bagi media. Terciptalah berbagai acara yang berkaitan dengan masakan, seperti wisata kuliner yang saat ini ditayangkan hingga lebih dari satu stasiun televisi. Media cetakpun, mampu mengambil kesempatan dengan munculnya trend baru ini dengan menerbitkan menu masakan di edisi mingguannya. Yang tampak lebih spektakuler adalah munculnya beberapa tabloid khusus masakan yang hingga kini bisa tetap eksis di jalurnya.

Tidak ada lagi kamusnya bila seorang ibu rumah tangga atau wanita manapun yang punya alasan menyatakan bingung untuk memasak buat keluarga. Menu makan harian bisa menjadi sangat bervariasi. Bahkan bila mau, dalam satu hari berganti seribu jenis masakanpun bukan sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Bagaimana menyikapi perkembangan dunia masakan ini dalam kaitanya dengan pola makan dan perekonomian keluarga? Tentu saja kita harus cerdas untuk meilah serta memilih menu yang cocok buat keluarga. Banyak hal yang harus dipertimbangkan, misalnya : menu apa yang cocok berkaitan dengan perekonomian keluarga, kesehatan setiap anggota keluarga yang tinggal bersama (berkaitan dengan penyakit yang diderita), kemudahan dalam mencari bahan baku, waktu yang tersedia untuk memasak, dan yang lebih penting lagi adalah bagaimana untuk sedapat mungkin menggunakan bahan baku yang betul-betul higienis saat diolah menjadi masakan buat keluarga. Mengapa kita mesti mempertimbangkan hingga ke hal tersebut? Kalau kita bersama menyadari, saat ini hampir semua makanan maupun bahan mentahnya diolah dengan menggunakan bahan kimia guna pengawetan sekaligus juga pada proses produksinya. Baik proses produksi di level produksi awalnya (pertanian) ataupun pada proses pengolahannya di industri yang memproduksi dan mengolah bahan makanan. 

Penggunaan bahan kimia yang berlebihan terbukti semakin meningkatkan tingkat kematian dan jumlah penderita penyakit berbahaya di negeri ini dan diseluruh dunia yang kondisinya sangat mengkawatirkan.Sebagai penutup saya hanya bisa mengajak kepada seluruh warga bangsa ini, untuk lebih mencintai menu masakan asli Indonesia dan marilah bersama-sama kita untuk selalu menggunakan bahan baku yang sehat untuk di konsumsi.

1 0 komentar:

Post a Comment

 

ujung bawah

gubhug reyot
Add to Technorati Favorites
Search Engine Optimization SEO